Ceritaonlineku.com, Selama berlangsungnya Asian Games 2018, LRT akan digratiskan. Begitu yang dikatakan Sandiaga Uno. Ia  mengatakan bahwa pemerintah kota Jakarta berencana menggratiskan tiket Light Rail Transit (LRT) untuk warga Jakarta selama pelaksanaan Asian Games yang akan dilaksanakan pada agustus hingga september 2018 nanti.

“Kami akan dorong selama Asian Games ini, kami bebaskan dulu (tarif tiket) untuk membangun animo masyarakat menggunakan transportasi umum,” kata Sandiaga uno di kawasan Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis, 14 Juni 2018.

Sandiaga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI akan mulai menghitung lagi untuk menentukan berapa besaran tarif LRT yang akan dikenakan kepada penggunanya setelah ajang Asian Games 2018 usai.

“Nanti akan dihitung keekonomiannya, ini lagi menghitung untuk memastikan bahwa awareness dari masyarakat, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia ini, ada,” ucapnya.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi sempat menyinggung bahwa harga yang pantas untuk tiket LRT ada di kisaran Rp 10 ribu.

“Kami berupaya mendekati harga keekonomian di bawah harga taksi dan ojek, di atas harga busway,” kata Satya di depo LRT Kelapa Gading, Jakarta, Minggu 15 April 2018.

Asian Games 2018
Maskot Asian Games 2018

Satya kemudian mencontohkan perhitungan tarif ketiga moda tersebut. Dari Kelapa Gading ke arah tengah, semisal Tanah Abang, Dukuh Atas, atau Sudirman, kata dia, menghabiskan biaya Rp 32-42 ribu.

Apabila naik ojek online, biayanya sekitar Rp 22-26 ribu. Sedangkan tarif busway yakni Rp 3.500 berlaku untuk semua jurusan.

Dengan acuan tersebut, Satya memperkirakan harga keekonomian tiket berada pada kisaran Rp 10-15 ribu. “Untuk ini senyaman-nyamannya Rp 10 ribu,” ujarnya.

Saat ini, LRT Jakarta tengah menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. Evaluasi sudah digelar sejak satu Minggu setelah Lebaran 2018. Sebelumnya, uji coba internal rangkaian LRT telah digelar sejak 11 hingga 13 Juni 2018 lalu. Setelah proses evaluasi dari Kemenhub, baru akan dipastikan apakah LRT Jakarta sudah layak beroperasi atau tidak.

 Jika sudah dikabarkan layak untuk beroperasi, maka barulah rencananya LRT akan beroperasi khususnya selama Asian Games berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here