Dengan semakin banyaknya pengguna handphone maupun smartphone, semakin banyak pula kebutuhan pulsa oleh masyarakat. Apalagi saat ini sistem pembelian pulsa bisa langsung menjadi satu sistem dengan penjualan pulsa listrik sehingga semakin banyak tempat penjualan yang bisa digunakan. Dari mulai perorangan dengan toko atau counter hingga instansi atau situs belanja online. Semakin banyak yang membutuhkan, semakin banyak penjual semakin besar juga persaingan antar penjual yang terjadi. Para calon konsumen akan lebih memilih tempat jual pulsa murah dengan alasan penghematan. Namun ternyata tak semua penjual pulsa mendapatkan customer dengan cara yang jujur, karena ada modus tertentu yang sekarang ini sering digunakan untuk menjerat pelanggan.

 

Sekarang ini banyak sekali tempat penjual pulsa yang akan mudah ditemukan di sekitar Anda. Dari penjual perorangan yang mobile menggunakan sebuah handphone untuk bertransaksi, penjual yang memiliki counter atau toko pulsa, hingga membeli dari situs jual beli online, ATM hingga m banking. Semua tempat penjualan pulsa tersebut bersaing untuk mendapatkan pembeli sehingga mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka jual. Ada kalanya persaingan tersebut menjurus pada persaingan harga dimana pulsa dijual dengan harga yang termurah dengan harapan pembeli berdatangan. Selain pulsa, terdapat juga produk lain untuk mengundang pembeli yaitu kartu perdana.

 

Kartu perdana sekarang ini juga menjadi produk laris karena banyaknya jenis perdana yang sudah memberikan kuota internet untuk pembeliannya. Kuota sebesar 1 giga, 2 giga hingga 16 giga bisa dibeli secara langsung ketika Anda membeli sebuah kartu perdana. Kebanyakan orang akan berpikiran untuk membeli kartu perdana yang lengkap dengan kuota dibandingkan mengisi ulang pulsa kuotanya karena harga yang lebih murah. Namun berhati-hatilah dalam membeli kartu perdana berkuota ini di tempat jual pulsa murah karena banyak penjual yang memberikan informasi kurang lengkap.

 

Pada daftar harga di depan counter umumnya mereka akan menuliskan harga yang terlihat sangat murah untuk ukuran kuota tertentu. Namun ternyata ketika di beli, kuota yang diberikan tidak sesuai dengan yang dicantumkan dalam iklan atau daftar harga. Umumnya kuota akan terbagi dan hanya satu bagian saja yang bisa digunakan misalnya untuk jaringan 3G dan 4G. Ketidaklengkapan informasi yang diberikan bisa membuat pembeli merasa kecewa dan tertipu karena menganggap jumlah total kuota bisa digunakan sepenuhnya. Karenanya ada baiknya membeli perdana langsung melalui teller atau counter resmi provider tersebut untuk mendapatkan informasi yang jelas sembari melakukan pendaftaran sesuai dengan anjuran pemerintah.

 

Selain kasus kartu perdana, sering juga terjadi kasus tidak terkirimnya pulsa yang telah dibeli. Biasanya hal ini terjadi ketika pembeli membeli pulsa di tepi jalan dengan menuliskan nomor telepon yang akan diisi, namun karena tidak menungguinya hingga proses pengiriman selesai, atau karena lamanya proses kirim, pembeli meninggalkan lokasi dengan percaya penuh pada penjual. Namun setelah ditunggu lama pulsa yang dibeli tak kunjung ditambahkan. Untuk amannya, selama apapun sebaiknya menunggu proses pengiriman pulsa apalagi jika Anda tak berencana kembali ke tempat penjualan dikarenakan hanya lewat di kota tersebut.

 

Sebisa mungkin tingkatkan kewaspadaan terhadap penipuan yang berkedok jual pulsa murah agar Anda tidak merasa dikecewakan. Permasalahan bukan hanya pada penjual yang ingin meraih keuntungan namun juga dari faktor pembeli yang kurang tanggap dengan informasi produk yang dijual oleh berbagai provider.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here