Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Indonesia yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus juga pusat ekonomi. Selama ini Jakarta juga dikenal sebagai pusat kota yang memiliki jutaan penduduk yang identik dengan macet, panas, kumuh, juga banjir. Di Jakarta juga banyak tempat liburan yang murah dan mengasyikkan. Kami akan bagikan tips liburan murah di Jakarta.

Jakarta disamping terkenal sebagai kota yang dinilai paling macet di Indonesia, nyatanya juga mempunyai pesona keindahan kota yang tak akan pernah ditemui di kota lain. Oleh karena itu, Anda perlu tips liburan murah di Jakarta ketika liburan agar liburan menjadi lebih menyenangkan. Ketika libur panjang, kota ini akan sedikit lengang dari biasanya. Manfaatkan waktu ini untuk liburan yang menyenangkan dengan budget yang tidak terlalu banyak.

Tips Liburan Murah Di Jakarta Dengan Budget Tipis

Tips Liburan Murah Di Jakarta Paling Hemat

Jakarta adalah episentrum dari berbagai macam hal, tak heran bila kota ini menjadi transit banyak orang untuk berbagai hal. Saking aktifnya, kota ini juga disebut kota yang tak pernah tertidur. Objek wisata yang ada di Jakarta juga populer sehingga ini jadi daya tarik banyak orang yang berkunjung ke Jakarta saat liburan tiba.

1. Pilih angkutan umum bersubsidi

Untuk menyiasati biaya perjalanan wisata dalam liburan murah di Jakarta sebaiknya gunakan angkutan umum yang bersubsidi. Selain memiliki harga yang murah, akses ke tempat wisata juga sangat mudah dengan waktu yang lebih cepat. Di Jakarta, ada dua angkutan umum bersubsidi yang nyaman dan aman, yaitu TransJakarta dan Commuter Line. Biaya untuk naik bus trans ini sangat murah ke segala tujuan baik jauh maupun dekat. Selain itu, bus trans ini juga memiliki jalur sendiri sehingga bebas dari kemacetan. Jika Anda benar-benar ingin angkutan yang terbebas dari kemacetan Jakarta, Anda bisa memilih Commuter Line untuk perjalanan dalam kota.

  • Busway Transjakarta – tarif Rp 3.500,
  • Kereta Commuter Indonesia – tarif Rp 2.000, maksimal 25 km (akan dikenakan biaya Rp 1.000 per 10 km berikutnya).
  • Bus Pariwisata Jakrta – gratis.
  • Gojek / Grab / Uber – tarif disesuaikan jarak, namun harga masih sangat terjangkau.
  • Bus Kopaja – Rp 4.500.
  • Taxi – tarif disesuaikan jarak, ini adalah alternatif terakhir yang bisa digunakan.

2. Memilih Tempat Wisata Terbaik Di Indonesia

  • Monumen Nasional Monas – gratis, akan dikenakan tarif Rp 15.000, ketika kamu ingin naik ke puncak / cawannya.
  • Museum Sejarah Monas – tarif Rp 10.000,
  • Perpustakaan Nasional RI – gratis,
  • Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah) – tarif Rp 5.000,
  • Gedung Arsip Nasional – gratis.
  • Museum Bank Indonesia – tarif Rp 5.000,
  • Museum Bank Mandiri – tarif Rp 1.000,
  • Kota Tua Jakarta (Old Batavia) – gratis,
  • Taman Kalijodo – gratis.
Beruntung ketika di Jakarta, sebagai Ibu Kota negara Republik Indonesia – di sini banyak sekali museum dan bangunan-bangunan bersejarah yang bisa membuat anda merasakan suasana bangunan gedung-gedung tersebut. Lebih menariknya lagi adalah semua daftar tempat wisata di atas akan dilalui Bus Pariwisata Jakarta. Artinya anda bisa keliling ke semua tempat wisata itu, praktis tanpa biaya kecuali kamu ingin naik ke puncak Monas, Musem Nasional, Museum BI, dan Museum Mandiri.

3. Makan di Kaki Lima

Di Jakarta tersedia banyak wisata kuliner mulai dari yang sekelas restoran mewah hingga kelas kaki lima. Untuk tips berwisata di Jakarta saat liburan dengan anggaran yang murah, pilihan terakhir inilah yang harus dipilih, yaitu makan di kaki lima. Makanan kaki lima tidak selalu identik dengan murahan dan rasa yang tidak enak. Deretan pedagang kaki lima di daerah Pacenongan menawarkan kuliner yang sangat lengkap dengan rasa yang lezat. Kawasan lain yang terkenal dengan pedagang kaki limanya adalah kawasan Menteng, Kebayoran Baru, dan Kawasan Benhil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here