Jeli Memilih Aplikasi Keuangan yang Relevan dengan Jenis Usaha

0
162
cara memilih aplikasi laporan keuangan

Aplikasi laporan keuangan dengan berbagai macam model dan fitur semakin banyak ditawarkan di era yang serba digital ini. Namun, Anda harus jeli dalam memilih aplikasi manakah yang sesuai dan tepat guna untuk bisnis yang sedang ditekuni. Sebelumnya, bekali diri dengan pengetahuan dasar terkait ilmu akuntansi yang diterapkan dalam sebuah laporan keuangan. Bagaimanapun juga, Anda harus pintar dan cerdas untuk membaca data serta situasi yang ada di lapangan.

Cara Memilih Aplikasi Laporan Keuangan yang Efektif Dan Efisien Untuk Bisnis Anda

Aplikasi laporan keuangan yang dimanfaatkan untuk membantu kinerja operasional bisnis seharusnya memiliki sejumlah kriteria. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan keberlangsungan usaha Anda. Berikut penjabaran beberapa kriteria penting yang harus ada dalam sebuah aplikasi pengatur keuangan:

1. Menjamin keamanan data

Aplikasi yang relevan untuk Anda gunakan harus memiliki tingkat keamanan data yang tinggi. Beberapa data keuangan harus aman dari resiko kehilangan, error, ataupun hal lain yang tidak diinginkan. Aplikasi keuangan yang menjamin keamanan bagi para usernya biasanya memiliki sistem cloud server sebagai pihak ketiga. Data-data operasional akan diarsip dengan aman tanpa resiko hilang ataupun diakses oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

2. Cocok dengan bisnis yang digeluti

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tipe bisnis yang digeluti sebelum menentukkan pilihan pada aplikasi keuangan manakah yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan masing-masing aplikasi pengatur keuangan memiliki fitur dan karakteristik yang tak sama dalam menyajikan laporan. Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu manakah yang paling relevan.

3. Bersifat user friendly

Tidak semua orang memiliki pemahaman yang cukup terkait ilmu dasar akuntansi. Oleh sebab itu, pilihlah aplikasi keuangan yang mudah dengan tampilan dan fitur yang user friendly. Pastikan pula jika semua karyawan dan staf yang menggunakannya tidak kesulitan dengan aplikasi yang Anda pilih. Bila perlu, adakan pelatihan khusus tentang aplikasi bisnis yang akan diterapkan.

4. Skalabilitas

Istilah skalabilitas di sini mengandung arti bahwa aplikasi keuangan tersebut mampu memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan Anda dari masa ke masa. Ketika bisnis yang digeluti semakin berkembang pesat, maka aplikasi tersebut juga mampu membuat sebuah kebijakan ekonomi yang menguntungkan. Dalam artian sistem akuntansi tersebut mampu menampilkan keputusan bisnis yang tepat.

Aplikasi laporan keuangan dengan sejumlah kriteria di atas dapat Anda temukan pada BukuKas. Aplikasi keuangan multifungsi ini bisa dengan mudah diterapkan pada berbagai jenis usaha. Beberapa diantaranya adalah perusahaan profit dan non profit, reseller, dropshipper, freelancer, pekerja profesi, dan pengusaha yang memanfaatkan jaringan e commerce. Selain itu, BukuKas juga terhubung dalam sistem cloud server sehingga data keuangan dijamin keamanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here