Dari Masker Bedah Sampai Masker Kain, Berapakah Efektifitasnya untuk Cegah Penularan Virus Corona?

0
16
masker-kain

Selama pandemi virus Corona ini belum berakhir maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya beragam upaya masih akan terus dilakukan oleh pemerintah untuk semakin menekan angka penyebarannya. Apalagi dengan banyaknya jumlah korban jiwa yang meninggal dunia disebabkan oleh penyakit Covid 19, tentunya kian menghantui masyarakat bukan. Untuk itu ada baiknya masyarakat patuh terhadap aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah agar kondisi ini berlalu semakin cepat.

Sebenarnya tidak banyak aturan yang harus dipenuhi, hanya seputar meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga kebersihan, dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Karena faktanya kebiasaan sepele ini bisa memutus rantai penyebaran penyakit Covid 19. Kemudian sebisa mungkin juga menerapkan social distancing, yaitu dengan tidak keluar rumah apalagi berada di dalam kerumunan. Karena sangat mungkin nantinya virus tersebut akan menyerang diri Anda dibawa oleh orang lain tanpa disadari.

Kebiasaan lain yang hendaknya juga dilakukan adalah dengan sebisa mungkin menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Mengingat bagaimanapun masker ini adalah salah satu sarana yang berguna untuk mencegah penyakit. Menutup mulut dan juga hidung sehingga nantinya virus juga tidak akan mudah masuk kedalam tubuh. Apalagi jika seandainya di sekitar Anda juga tengah ada orang yang sakit. Batuk atau bersih biasanya sangat mungkin droplets tersebut akan menular pada orang yang ada di sekitar mereka. Hal ini dapat dicegah jika seandainya Anda menggunakan masker.

Berikut ini setidaknya ada beberapa jenis masker yang dapat digunakan secara efektif untuk cegah penularan virus Corona, yaitu:

  1. Masker bedah, jenis masker yang paling umum untuk dijumpai dan memang biasanya hanya sekali pakai saja. Jenis masker yang satu ini diutamakan pemakaiannya adalah untuk kalangan medis. Dengan fungsi adalah untuk mencegah terjadinya percikan air yang berasal dari saluran pernapasan. Hanya saja meskipun menutup mulut dan juga hidung, namun tidak benar-benar dapat melindungi dari penularan virus, karena tetap ada celah dari masker tersebut. Efektifitasnya sendiri sekitar 80 hingga 90 persen.
  2. Masker N95, yaitu jenis masker respirator yang banyak dipakai untuk perlindungan, biasanya ia digunakan oleh pekerja proyek dan juga sekarang ini banyak masyarakat yang menggunakannya. Karena memang cukup efektif di dalam mencegah penularan virus, bisa mencapai angka 95 persen untuk efektifitasnya. Masker ini dapat menyaring dan juga menghentikan polutan, hanya saja memang kurang nyaman digunakan, karena bentuknya ketat dan benar-benar menutup mulut juga hidung.
  3. Masker karbon, dengan kandungan karbon aktif yang ada di dalam masker ini maka ia sangatlah membantu dalam menyaring polutan hingga kuman. Sehingga nantinya udara yang dihirup juga jaminan bersih. Sangat baik digunakan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan kota tercemar udaranya, untuk efektifitasnya mencapai 90 persen.
  4. Masker kain, belakangan ini pemerintah memang menghimbau masyarakat untuk mengutamakan pakaian masker kain dibandingkan dengan yang lainnya. Karena masker medis diutamakan pemakaiannya untuk petugas medis agar tidak kekurangan sarana pelindung diri. Produk yang satu ini mudah dijumpai di pasaran dengan harga murah. Untuk efektifitasnya sendiri memang masih di bawah 80 persen, namun tetap aman jika hanya digunakan keluar rumah saja.

Itulah beberapa jenis masker yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk perlindungan dari virus Corona. Baca informasi kesehatan lainnya terkait wabah Covid 19 bisa secara online di situs Halodoc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here