Suka Guinness Beer? Kenali Sejarah dan Fakta-fakta Menariknya!

0
90
guinness beer sejarah fakta

Nama brand bir Guinness mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta bir. Rasa Guinness beer yang khas tentu sulit dilupakan oleh pecintanya. Sebagai penggemar dan penyuka bir ini, apakah kamu sudah tahu bagaimana sejarahnya?

Bir yang memiliki rasa kopi ini berawal ketika Arthur Guinness mendapat warisan dari Bapak Baptisnya di tahun 1757. Dari uang warisan tersebut, Arthur menggunakannya untuk membuka bisnis pembuat bir. Bisnis ini dilakukan di Leixlip, County Kildare. Kemudian, di tahun 1759, Arthur mengontrak sebuah pabrik brewery. Pabrik tersebut seluas 1,6 hektare yang ada di Dublin selama 9000 tahun.

Awalnya, bir yang diproduksi di pabrik luas itu adala ale dan bir hitam. Seiring berjalan waktu, Arthur memutuskan untuk menghentikan produksi ale dan hanya memproduksi bir hitam.

Guinness beer ini memang sudah punya perjalanan yang sangat lama dan panjang. Guinness ini mulai mengekspor produknya tidak lama, tepatnya tahun 1769. Karena disukai banyak orang, pabrik bir Guinness mulai berekspansi dan memperbesar jangkauannya.

Setelah dirinya meninggal, anak kandung Arthur, Guinness II mewarisi bisnisnya. Tidak hanya dari segi bisnis, namun ternyata Guinness II ini memiliki kemampuan meracik bir dari sang ayah.

Hingga kini, Guinness beer ini sudah diproduksi di 50 negara dan tersedia di 150 negara. Di Indonesia sendiri, bir dry sout asal Dublin, Irlandia ini sudah masuk pada 1973. Bahkan Indonesia menjadi pasar terbesar ke-6 di dunia untuk Guinness sendiri.

Bir Guinness ini memang memiliki rasa yang kuat dan enak, dikarenakan hop yang digunakan dua kali lebih banyak. Produk Guinness juga menjadi satu-satunya produsen bir yang memanggang barley nya sendiri. Inilah rahasianya bir ini punya citarasa dan kaya akan warna.

Fakta-fakta Bir Guinness

Selain sejarah Guinness, ada fakta lain yang harus diketahui agar melengkapi pengetahuan seputar minuman alkohol kesukaan kamu. Berikut fakta-fakta menariknya.

  • Bir Terlaris

Ternyata, Guinness bir ini menjadi minuman yang paling laku. Setidaknya setiap hari ada 10 juta gelas Guinness yang terjual di seluruh dunia.

  • Bukan Bir Hitam

Mungkin bir yang satu ini dikenal memiliki warna yang hitam. Apakah benar dan sudah kamu buktikan sendiri? Ternyata, bila diperhatikan secara dekat, bir ini berwarna merah ruby.

  • Gambar Harpa

Pada botol Guinness, ada label yang bergambar harpa. Harpa tersebut terkenal pada abad ke-14 di Irlandia. Sekarang, harpa O’Neill atau Brian Boru itu disimpan di perpustakaan College Dublin. Harpa juga menjadi lambang resmi Republik Irlandia dan ada di mata uang resmi  negara itu.

  • Nama Dipatenkan

Produsen bir ini ternyata sudah mematenkan nama Guinness di abad ke-19. Sehingga nama Guinness sebagai merek dagang sudah dilindungi.

  • Ada Kaitannya dengan Guinness Book of World Record

Setelah mendengar istilah Guinness Book of World Record tersebut kamu langsung memikirkan bir? Ternyata istilah dari buku rekor dunia tersebut memang ada kaitannya dengan bir Guinness.

Berawal ketika kepala perusahaan Guinness saat itu Hugh Beaver bermasalah dengan seseorang tahun 1954. Ia lalu membentuk komisi resmi yang tugasnya untuk memecahkan masalah. Kemudian, komisi ini menjadi semacam buku rujukan yang isinya kumpulan rekor dunia yang.

  • Arthur Guinness Day

Untuk memperingati sang pencipta Guinness beer, setiap tahun akan ada satu hari yang disebut sebagai Arthur Guinness Day. Ini seperti dedikasi dan penghargaan untuk sang penemu bir dengan citarasa yang enak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here