Tips SehatQ.com Berikan Mainan Bayi yang Bantu Latih Kecerdasan

0
10
mainan anak

Beragam mainan bayi memang boleh diberikan kepada anak. Namun berikan mainan secara selektif ya bunda. Pastikan juga kebersihan mainan untuk digunakan oleh bayi. Berikan juga mainan yang bisa membantu merangsang system sensotik dan motorik anak. Selain menyenangkan mainan tersebut juga bisa melatih kecerdasan bayimu.

Pada usia 0-6 bulan bayi sedang berada di masa belajar mengenal hal-hal baru di sekitarnya. Di masa tersebut para bunda bisa memberikan mainan yang merangsang perkembangan sensorik dan motorik bayi. Seperti misalnya mainan yang  mengeluarkan suara atau bisa juga memberikan sensasi saat di sentuh. Baru bayi dengan usia 0-6 bulan, para bunda bisa memberikan main yang memiliki warna-warna cerah, mengeluarkan suara yang lembut, dan memiliki desain yang sederhana.

Berikut mainan bayi yang bisa melatih perkembangan sensorik dan motorik.

1. Teether

Bayi sangat suka memasukan berbagai macam benda ke mulutnya. Pada dasarnya bayi memang senang mengeksplorasi benda-benda di sekitarnya menggunakan indra mereka, termasuk mulut salah satunya. Teether merupakan salah satu mainan yang bisa mengembangkan daya eksplorasi bayi dengan tangan, kaki, dan mulutnya. Selain itu saat bayi berada di masa tumbuh gigi, teether ini juga bisa mengatasi gusi yang gatal.

2. Buku dengan Gambar dan Bahan Lembut

Bunda juga bisa membelikan buku khusus untuk bayi. Buku ini bisanya terbuat dari bahan yang lembut serta berisikan gambar-gambar menarik. Ini juga bisa mengajari anak untuk terbiasa dengan buku. Saar sudah berusia anak-anak maka bisa diberikan buku cerita atau pelajaran.

3. Mainan Car Seat

Car seat merupakan  perlengkapan bayi yang cukup dibutuhkan orangtua milenial. Nah para bunda bisa menyediakan mainan di dalamnya. Bisa juga digunakan pada stroller yang sering dipakai oleh bayi. Hal ini bertujuan agar bayi tetap bisa bermain di mana saja.

4. Rattle

Rattle juga merupakan mainan bayi yang baik untuk stimulasi pendengaran dan penglihatan bayi. Mainan ini banyak direkomendasikan oleh pakar tumbuh kembang anak. Memiliki warna beragam dapat mengasah penglihatan bayi. Suara yang dihasilkan juga bisa menarik perhatian bayi melalui pendengaran. 

Ada Rattle ada yang memiliki tekstur lembut dan ada juga yang berbahan dasar plastik keras. Bentuk mainan ini sangat cocok untuk bayi karena mudah digenggam. Mainan ini juga mudah untuk dibersihkan atau dicuci.

5. Bouncer

Bouncer bayi atau dikenal juga dengan ayunan sering sekali digunakan pada bayi. Bouncer juga biasanya dilengkapi dengan mainan gantung yang punya beragam warna-warni yang menarik perhatian. Aktivitas gerak bayi saat berada di bouncer juga akan mengasah keterampilan. Yaitu dengan meraih mainan yang digantung.

6. Playmat atau Play Gym

Saat bayi berusia 1-6 bulan para pakar tumbuh kembang anak merekomendasikan maina bayi playmat atau play gym ini. Punya alas yang berwarna-warni maka akan memancing sensor motorik si Kecil. Dilengkapi degan music ternyata juga baik untuk kemampuan kognitif bayi. Bermain-main di matras juga bisa meningkatkan kemampuan otot perut bayi loh bunda. Dengan playmate atau play gym bayi juga akan merasa bebas bergerak lincah. Gerakan ini yang bermanfaat bagi kekuatan otot, leher, dan lengan mereka.

7. Cermin

Bayi biasanya sangat senang melihat bayangan diri mereka melalui cermin. Dengan itu bayi merasa bisa mengamati apa saja yang ada pada tubuhnya. Cermin juga punya manfaat untuk memotivasi bayi saat melakukan tummy time. Namun jika ingin memberikan cermin pada bayi, bunda bisa memberikan cermin yang aman dengan pinggiran yang dilapisi kain dan tidak mudah pecah.

Itulah beberapa mainan bayi untuk membantu meningkatkan system sensorik, motorik, kognitif yang berguna bagi kecerdasannya. Bagi para bunda yang ingin membelikan mainan untuk bayi mungkin juga bisa melihat review lainnya di media sosial dari para selebriti, selebgram atau para bunda lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here