Info SehatQ: Mudah Memar? Simak Penyebabnya

0
3
penyebab memar

Memar (ecchymosis) terjadi ketika pembuluh darah kecil (kapiler) di bawah kulit pecah. Hal tersebut bisa menyebabkan perdarahan di dalam jaringan kulit. Anda juga akan melihat perubahan warna karena pendarahan.

Sebagian besar dari kita mengalami memar karena terbentur sesuatu dari waktu ke waktu. Memar terkadang meningkat seiring bertambahnya usia. Hal ini terutama terjadi pada wanita karena dinding kapiler menjadi lebih rapuh dan kulit menjadi tipis.

Memar yang terjadi sesekali biasanya tidak menimbulkan banyak masalah medis. Jika Anda mudah memar dan memar Anda membesar atau disertai pendarahan di tempat lain, itu bisa menjadi tanda kondisi serius yang memerlukan perhatian medis.

Obat yang menyebabkan mudah memar

Terkadang obat-obatan diperlukan untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu dan meningkatkan kualitas hidup. Namun, obat yang Anda andalkan mungkin yang menyebabkan Anda mudah memar. Sementara itu, obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kecenderungan Anda untuk berdarah dengan mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk membentuk gumpalan. Hal ini terkadang dapat menyebabkan mudah memar.

Obat-obatan ini sering digunakan untuk serangan jantung dan pencegahan stroke. Penyedia layanan kesehatan Anda dan dari sumber info penyakit di sehatq mungkin juga meresepkan obat-obatan ini jika Anda mengalami fibrilasi atrium, trombosis vena dalam, emboli paru, atau pemasangan stent jantung baru-baru ini.

Obat-obatan ini meliputi:

1. Aspirin

2. Warfarin (Coumadin)

3. Clopidogrel (Plavix)

4. Rivaroxaban (Xarelto) atau Apixaban (Eliquis)

Herbal dan suplemen tertentu diyakini memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menggumpal dan menyebabkan mudah memar, meskipun bukti untuk efek samping semacam itu terbatas dalam literatur.

Contohnya adalah, minyak ikan, Bawang putih, jahe, ginseng dan vitamin E. Kekurangan vitamin yang membantu pembekuan darah Anda, termasuk vitamin K, vitamin C, dan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan mudah memar.

Kondisi medis yang menyebabkan mudah memar

Saat Anda menabrak suatu benda, tubuh Anda biasanya merespons dengan membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan, yang mencegah memar. Dalam kasus benturan parah atau trauma, memar mungkin tidak dapat dihindari.

Jika Anda mudah memar, ketidakmampuan Anda untuk membentuk gumpalan mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Pembentukan gumpalan bergantung pada nutrisi yang baik, hati yang sehat, dan sumsum tulang yang sehat. Jika salah satu dari faktor-faktor ini sedikit meleset, memar bisa terjadi.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mudah memar antara lain:

1. Sindrom Cushing

2. Penyakit ginjal tahap akhir

3. defisiensi faktor II, V, VII, atau X (protein dalam darah dibutuhkan untuk pembekuan yang tepat)

4. Hemofilia A (defisiensi faktor VIII)

5. Hemofilia B (defisiensi faktor IX)

6. Leukemia

7. Penyakit hati

8. Jumlah trombosit rendah atau disfungsi trombosit

9. Malnutrisi

10. Penyakit von Willebrand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here