Tips Mengatasi Muntah dan Flu Pada Bayi

0
135
mengatasi muntah flu bayi

Muntah-muntah dan flu merupakan penyakit yang sangat mudah dialami bayi anda. Meskipun terlihat sepele, jika dibiarkan akan berakibat fatal. Anda harus mengetahui penyebab muntah pada anak dan penanganannya agar dapat mengambil langkah awal. Sementara itu, mengobati flu bayi anda sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami.

Penyebab Muntah dan Penanganannya Pada Bayi

Pada laman IDAI mengatakan bahwa penyebab muntah umumnya diakibatkan karena infeksi. Contoh influenza disertai gejala lain yakni demam, sakit perut dan diare. Perhatikan waktu muntah pada anak normalnya berhenti dalam 6-24 jam.

Muntah-muntah juga dapat disebabkan kelainan lambung atau gastritis. Sehingga membuat anak muntah setelah menelan makanan beberapa saat. Keracunan makanan juga bisa jadi penyebab muntah yang terjadi setelah 1-8 jam mengkonsumsi makanan berbahaya.

Jika anak anda muntah-muntah, hal pertama yang dapat anda lakukan adalah memberi minuman air putih hangat. Tujuannya agar tidak kekurangan kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi. Selanjutnya baringkan anak di tempat tidur dengan posisi yang nyaman.

Sangat disarankan untuk tidak memberi anak makanan padat selama 6 jam setelah muntah. Anda dapat memberikan oralit atau jus buah yang tidak asam secara perlahan. Pemberian minuman tersebut dilakukan sedikit demi sedikit dan setiap 15 menit.

Setelah lewat dari 6 jam, baru anda dapat memberikan asupan seperti sup kaldu, bubur hangat, bua segar, dan sereal. Jangan memberikan sembarangan obat muntah atau mual tanpa resep dari dokter.

Penanganan Flu Pada Bayi

Flu sangat mudah dialami bayi dan harus ditangani dengan cepat. Berikut ini obat flu untuk bayi yang alami dan aman dikonsumsi atau digunakan di rumah

1. Air Susu Ibu (ASI)

ASI merupakan nutrisi pokok bayi berusia 0-6 bulan. Kaya kandungan antibodi yang mampu melawan bakter, virus, dan menjaga kekebalan tubuh. Sebaiknya beri asupan ASI yang cukup untuk mencegah dehidrasi bayi.

2. Garam Fisiologis atau Larutan Salin

Garam fisiologi bermanfaat untuk mengeluarkan lendir kering yang menyumbat rongga hidung. Teteskan larutan garam fisiologis dalam rongga hidung melalui pipet dan alirkan keluar. Anda dapat membeli laritan salin ini di apotek terdekat dan lakukan sesuai anjuran dokter.

3. Madu

madu obat alami flu pada bayi

Madu dapat membuat bayi tertidur nyenyak saat terkena batuk pilek. Bermanfaat juga untuk meredakan batuk, radang tenggorokan dan menyembuhkan nfeksi saluran pernafasan. Madu dapat diberikan pada bayi yang berusia diatas 1 tahun.

4. Bawang Putih

Bawang putih meredakan flu bayi tetapi tidak dikonsumi. Senyawa dekongestan alami dapat mengurangi peradangan rongga hidung dan produksi lendir. Cara penggunaannya dengan mengiris  bawang putih dan ditaruh diatas piring. Anda tinggal meletakkannya disekitar tempat tidur bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here