Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat mengalami tren positif belakangan ini. Pengguna atau nasabah yang berpartisipasi bukan hanya dari kalangan karyawan, tetapi juga pihak wiraswasta. Tapi, sudah tahukah Anda apa perbedaan antara KTA untuk karyawan dengan wiraswasta? Berikut uraian yang perlu Anda pahami lebih lanjut.

1. Perbandingan dari Segi Besaran Bunga

Jika menilik syarat pemerolehan KTA secara umum, besaran bunga untuk karyawan dan wiraswasta punya perbedaan yang cukup mencolok. Keduanya ditempatkan ke dalam golongan yang berbeda. Umumnya, pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat untuk pinjaman sebesar 50-125 juta Rupiah, bunga untuk karyawan senilai 1,29%.

Nilai bunga tersebut berdasarkan perhitungan jenis bunga flat per bulan. Sedangkan untuk kalangan wiraswasta dan profesional, nilai bunganya lebih besar, yakni 1,69%. Ini kalau bicara tentang bunga KTA secara umum. Soalnya kalau di KTA Tunaiku, total bunganya sama, baik untuk karyawan, wiraswasta, maupun ibu rumah tangga, yakni 3% per tahun.

Kalau dihitung per bulannya, tentu bunga KTA Tunaiku jauh lebih kecil dibandingkan dengan bunga KTA secara umum. Bunga KTA wiraswasta yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan disebabkan karena penghasilannya tidak pasti. Artinya, Anda harus siap siaga dengan berbagai kemungkinan begitu dana sudah berhasil dicairkan.

Jika Anda berprofesi sebagai wiraswasta, usahakan untuk menjaga stabilitas ekonomi perusahaan. Pangkas hal-hal yang kurang diperlukan dan kurang berpengaruh terhadap usaha yang Anda bina. Prioritaskan tanggungan atas pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat dibandingkan hal-hal yang berhubungan dengan keinginan pribadi.

2. Perbandingan dari Segi Syarat Penghasilan Minimum

Masing-masing bank biasanya mensyaratkan minimum penghasilan untuk calon nasabah yang mau mengajukan KTA. Wiraswasta lebih sering diharuskan memiliki penghasilan lebih besar ketimbang karyawan. Soalnya penghasilan karyawan lebih pasti. Terutama untuk wiraswasta yang baru merintis karir.

Mayoritas bank mensyaratkan seorang karyawan harus memiliki penghasilan minimal 2,5 juta Rupiah untuk kawasan Jabodetabek. Sedangkan untuk di luar Jabodetabek, penghasilan minimunya berkurang jadi 2 juta Rupiah. Kalau untuk wiraswasta dan profesional, totalnya sama, yakni wajib memiliki penghasilan 4 juta Rupiah.

Aturan syarat pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan. Hanya sedikit sekali pihak yang menyamakan syarat total penghasilan minimum. Salah satunya adalah Tunaiku yang konsisten mensyaratkan nasabahnya berpenghasilan minimal 2 juta Rupiah. Baik untuk karyawan ataupun wiraswasta.

Setelah mengetahui syarat minimum penghasilan untuk KTA secara umum, sebaiknya mulai sekarang Anda tingkatkan lagi produktivitas kerja sebagai wiraswasta. Bisa dengan gencar berpromosi, menjalin relasi, memperbarui taktik dalam berbisnis, dan sebagainya. Biar tidak terkendala oleh masalah terkait dengan syarat tersebut.

3. Perbedaan dari Segi Syarat Masa Kerja

Pihak bank juga mempertimbangkan masa kerja calon nasabah yang hendak mengajukan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat. Berhubung kalangan wiraswasta memiliki penghasilan yang tidak stabil, maka syarat untuk dapat suntikan modal harus punya usaha minimal berjalan dalam kurun waktu 2 tahun.

Lantas, bagaimana cara seorang wiraswasta bertahan dalam membangun bisnis, sedangkan modalnya kurang? Di awal-awal, sebaiknya hindari harapan mendapatkan profit atau laba tinggi. Untuk membangun suatu ekosistem, perlu sekali sistem yang kuat lebih dulu agar bisa bertahan lama. Hal ini juga berlaku ketika Anda sudah sukses nantinya.

Prioritaskan klien atau pasar ketimbang keinginan yang murni berasal dari pribadi. Kalau untuk karyawan, syarat masa kerjanya harus 1 tahun. Baru boleh mengajukan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat ke bank. Apakah menurut Anda syarat tersebut agak memberatkan? Jika dilihat dari peruntukannya sih iya.

Oleh karena itu, Tunaiku hadir di tengah-tengah kebutuhan tersebut. Untuk mendapatkan bantuan modal dari Tunaiku, Anda hanya perlu menetapi syarat masa kerja minimal 3 bulan saja. Syarat tersebut bisa Anda buktikan dengan melampirkan slip gaji ketika mengajukan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat lewat aplikasi Tunaiku.

4. Perbedaan dari Segi Persyaratan Dokumen

Perihal syarat dokumen, tentu perannya sangat vital dan berpengaruh kuat terhadap ketentuan ditolak atau diterimanya pengajuan pinjaman Anda. Baik karyawan maupun wiraswasta, ada sejumlah syarat dokumen pokok. Mulai dari Fotokopi KTP, surat nikah, NPWP atau SPT PPh 21, materai, tagihan kartu kredit, serta rekening tabungan 3 bulan terakhir.

Tidak hanya itu. Di dalam dokumen itu sendiri terdapat syarat yang mesti dipatuhi oleh calon nasabah dari kalangan karyawan maupun wiraswasta. Untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan, wajib memberikan surat keterangan kerja dan disertai dengan slip gaji. Tujuannya agar jelas status Anda, mulai dari gaji per bulan, masa kerja, dan lainnya.

Sementara untuk calon nasabah dari kalangan wiraswasta, perlu sekali untuk melampirkan SIUP, TDP, NPWP, serta salinan laporan keuangan. Selain itu, Anda juga wajib melampirkan salinan izin untuk praktik profesional sehari-hari. Tanpa itu, kemungkinan pengajuan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat Anda akan ditolak.

Terdengar berbelit-belit? Kalau di KTA Tunaiku sih lebih sederhana. Hanya bermodalkan identitas pribadi dan kejujuran dalam mengisi formulir dokumen, maka dana sudah bisa langsung dicairkan. Soalnya Tunaiku sudah berkolaborasi dengan Dukcapil. Jadi, keterangan lengkap Anda sudah masuk ke database Tunaiku secara otomatis.

5. Pentingnya Status Profesi atau Kepegawaian

Jika dicermati, dari uraian di atas menitikberatkan pada masa kerja, total gaji, syarat dokumen yang akhirnya bermuara pada status profesi Anda. Sebelum pengajuan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat disetujui, pihak bank terlebih dahulu mengecek apakah data-data yang Anda berikan asli atau tidak. Prosesnya bisa memakan waktu berhari-hari.

Tidak seperti yang ada di Tunaiku. Hanya dalam kurun waktu 24 jam, Anda sudah bisa melihat status pengajuan pinjaman. Apakah ditolak atau disetujui, keterangan salah satunya bisa langsung Anda lihat. Selain itu, Tunaiku juga tidak akan mengadakan survei ke rumah Anda. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menyertakan nomor kerabat terdekat yang beda rumah.

Dengan pertimbangan status profesi, transparansi atas pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang diinginkan bank jadi mudah diakses lewat data-data Anda. Misalnya soal slip gaji. Dari data-data yang ada di sana, pihak bank bisa memprediksi besaran gaji di bulan-bulan berikutnya. Begitu pun dengan Anda yang berstatus sebagai wiraswasta.

Pertimbangan status profesi juga memiliki tujuan agar di kemudian hari, kemungkinan untuk kredit macet bisa terhindarkan. Bagaimanapun, pihak bank juga sangat berhati-hati dengan potensi pailit.

Berbeda dengan pihak Tunaiku yang menetapkan syarat pengajuan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat lebih mudah. Sebab, dari awal Tunaiku diluncurkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Persyaratan yang semula terkesan rumit jadi lebih dimudahkan. Baik secara literasi maupun praktiknya.

Tidak salah lagi jika pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat dari Tunaiku mendapatkan tempat di hati masyarakat secara luas. Terlebih lagi para nasabah berkesempatan untuk jadi agen referral agar bisa memperoleh penghasilan tambahan. Jarang-jarang ada pinjaman instan online yang memiliki fasilitas selengkap Tunaiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here