Manjakan Mata dengan Mengunjungi 2 Tempat Wisata Alam di Manado Ini

0
168
Tempat Wisata Alam di Manado

Siapa yang tidak kenal dengan Manado? Nama ibu kota Sulawesi Utara ini sangat sering terdengar di telinga. Manado juga menjadi nama lain dari bahasa daerah Minahasa yang memiliki kata serapan dari Bahasa Portugis. Namun, sebagian orang hanya pernah mendengar namanya dan belum benar-benar memahami seluk-beluknya. Padahal, sayang sekali jika belum pernah mampir ke Manado yang memiliki panorama alam indah dan cantik.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Manado, sebaiknya simak informasi berikut ini. Cek destinasi-destinasi alam untuk liburan di Manado berikut ini.

1. Taman Nasional Bunaken

Pulau bunaken (sumber:id.wikipedia.org)

Anda pasti pernah mendengar nama Bunaken. Bunaken terdaftar dalam UNESCO dan termasuk dalam Situs Warisan Dunia pada 2005. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu taman laut pertama di Indonesia yang dibangun 1991. Bunaken terletak 7 mil dari Pelabuhan Manado dan Anda dapat mencapainya menggunakan perahu bermesin ganda selama 50 menit atau 35 menggunakan perahu cepat.

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa Anda lakukan. Misalnya, menyelam serta melihat-lihat berbagai macam biota laut seperti ikan dan terumbu karang. Anda memerlukan lisensi menyelam dan harus didampingi oleh pemandu. Terdapat empat spot menyelam terbaik, yaitu Bunaken Timur, Mandolin, Puncak Barakuda, dan Reruntuhan Kapan. Saat menyelam, Anda dapat menjumpai unicornfish, duyung, dan barakuda.

Ada lagi spot yang menarik di bawah laut, yaitu reruntuhan kapal kuno milik pedagang Jerman yang karam. Kini kapal tersebut menjadi rumah bagi para ikan. Selanjutnya, ada kegiatan pengamatan burung. Setidaknya ada 30 jenis burung laut dan rawa yang ada di Taman Nasional Bunaken. Burung-burung seperti camar, bangau, dan burung penangkap ikan biasanya bersarang dan mencari makan di kawasan ini.

Anda juga bisa mengamati migrasi paus dan lumba-lumba, contohnya paus pemburu dan paus sperma. Berikutnya, pengunjung bisa melakukan wisata pendidikan dengan mengamati ekosistem, biota, dan bentang alam khas Bunaken. Selain itu, Anda bisa belajar menanam bakau dan transplantasi karang. Nikmati juga berenang di perairan dangkal, memancing, serta menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari.

2. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Gunung Tumpa (sumber: instagram @sanjaymolongio)

Destinasi wisata ini berada di Tongkaina, Bunaken, Kota Manado. Anda dapat menempuhnya selama 45 menit dari pusat kota Manado menggunakan angkutan darat. Taman hutan raya ini memiliki luas sekitar 215 hektare dan mencapai ketinggian 610 meter di atas permukaan laut.

Terdapat hutan lindung yang berbukit-bukit, aliran air dari air hujan dan mata air pegunungan, serta beragam flora dan fauna. Anda dapat menjumpai tumbuhan seperti semak-semak, pohon perdu, dan pohon kelapa. Sedangkan fauna yang tersebar di hutan ini di antaranya adalah ular, soa-soa, monyet, babi hutan, tarsius tarsier, hingga beragam jenis burung.

Selain mengamati flora dan fauna, Anda dapat menyaksikan panorama alam, baik saat matahari terbit maupun tenggelam. Pada malam hari, nikmati indahnya taburan bintang-bintang dan cahaya bulan di langit. Ingin mendaki, tracking, dan paragliding? Anda juga bisa melakukannya di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa.

Pesan tiket pesawat Nam Air ke Manado jadi lebih praktis dengan menggunakan Airy. Apalagi tersedia pilihan-pilihan tiket murahyang menarik dan dapat disesuaikan dengan bujet. Terjadi kendala saat perjalanan? Airy menyediakan layanan refund dan reschedule yang mudah, bebas dari penipuan, dan tidak mengecewakan.

Wisata ke Manado menjadi lebih seru dengan mampir ke berbagai tempat wisata alamnya. Manjakan mata dengan menikmati keindahan panorama alam yang sayang untuk dilewatkan. Sudah siap berangkat ke Manado?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here